Cara Pembuatan Paspor Online

Lama nggak buka twitter, pas buka ternyata ada mention dari Mba Nonet yang lagi berburu ilmu di negara paman sam, buat update blog.
udah lama memang nggak update blog. mumpung masih ngantri di kantor imigrasi, dan punya aplikasi word di hape, yaudah deh dipake buat nulis aja. :D

karna lagi dikantor imigrasi buat ngurus pasport, jadi aku akan menulis mengenai pembuatan paspor.

aku membuat pasport secara online. katanya lebih gampang dan prosesnya juga lebih cepat.


 Pertama yang harus dilakukan adalah mengisi formulir pendaftaran pembuatan paspor online di klik disini. Baiknya mendaftar di sore hari atau malam hari, karna pada saat jam kerja biasanya susah upload data, karna rame kali ya yang daftar. setelah diisi lengkap, akan ada email untuk melakukan pembayaran paspor via bank BNI. Pembayarannya cuma bisa di bank BNI ya. Nanti akan dikasih 3 lembar struk pembayaran. disimpen semua. :)
setelah melakukan pembayaran, lakukan konfirmasi pembayaran. masukkan nomor resi pembayaran dan simpan bukti pembayaran.
setelah memasukkan nomor resi pembayaran, kamu akan diminta untuk memilih hari, kapan akan datang ke kantor imigrasi untuk melakukan wawancara dan pemotretan. dan juga pemilihan kantor imigrasi terdekat untuk tempat melakukan wawancara dan pemotretan.
Setelah menentukan tanggal kedatangan, kamu akan menerima email dari SPRI, di print lampirannya dan diisi.
selanjutnya, kamu harus menyiapkan berkas2 yang harus dibawa pada saat melakukan wawancara dan pemotretan. diantaranya :
1. copy dan asli KTP (copy di satu lembar A4, posisinya jangan miring2 dan ukurannya diperbesar ya, jadi setengah A4)
2. copy dan asli akta lahir, atau Ijazah, atau buku nikah, yg ada keterangan nama ayahnya ya.
3. copy dan asli KK.
yang asli cuma buat bukti pendukung aja pada saat melakukan wawancara. yg copyannya buat diserahkan ke kantor imigrasi.

semua berkas sudah lengkap. kalo mau ke kantor imigrasi, gunakan pakaian yang sopan, dan jangan menggunakan sendal jepit.
pada saat datang ke kantor imigrasi, samperin satpam yang ada di depan. minta nomor antrian. bilang registrasi online. biasanya ada yg minta bukti transfer.
sudah terima nomor antrian, kemudian ke bagian informasi, nanti akan diminta untuk mengisi surat pernyataan dan diberi map kuning. Serahkan semua berkas yang di foto copy beserta bukti pembayarannya.
kemudian ke loket 6 (untuk kantor imigrasi Kab Bogor). tinggal menunggu panggilan deh buat wawancara and take a picture. :)
Pas foto, akan diliatin hasil fotonya. kalo kurang oke bisa di foto ulang lagi. :)
Saat wawancara, jangan lupa siapin bahan asli KTP, dll, akan di cek oleh petugas yang mewawancara. jika lolos, nanti akan di beri cap pada lembar struk pembayaran dan diberi tanggal pengambilan paspor (3 hari kemudian).

oya, tadi pas nunggu ambil nomor antrian sempet denger kalo buat yang daftar offline harus ambil nomor antrian dari pagi banget, katanya jam 6 pagi. karna setiap hari jumlahnya terbatas buat yang mau membuat paspor offline. kalo yang online bisa langsung minta nomor antrian mau datang jam berapa juga.hehe
satu lg, sebaiknya datang ke kantor imigrasi dibawah jam 10 pagi. biar nggak kepotong waktu istirahat pada saat antri wawancara *pengalaman. lumayan yah, nambah ngantri satu jam.hehe


sekian ya cerita saya. semoga bermanfaat :)







Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer