Trip ke Raja Ampat

Halo readers....

Lama banget nggak update disini. Sebenernya ada banyak cerita yang pengen di share. Kali ini aku akan berbagi pengalaman waktu ngetrip 4 hari 3 malam di Raja Ampat.


Kepulauan Raja Ampat merupakan destinasi wisata terbaik di papua dan menjadi destinasi yang banyak diminati oleh traveller dalam dan luar negeri. Namun,biaya transportasinya yang mahal membuat banyak orang berpikir 2 kali untuk kesana, apalagi buatku sendiri. Tapi kok aku bisa sampai kesana?

Jadi, pada awal bulan kemarin kebetulan dapat tugas bikin kegiatan di Sorong, yeayyy, seneng banget donk ya, jadi bisa menghemat ongkos pesawat ke Sorong... langsung deh ngebayangin sekalian ngetrip ke Raja Ampat. Tapi ternyata setelah tanya sana-sini ke temen-temen yang sudah pernah ke Raja Ampat dan cari via om google, ternyataaaa mihil juga booo ke Raja Ampat kalo sendirian... ternyata memang benar, pengeluaran terbesar itu di biaya sewa kapalnya..

Jadi gimana donk biar dapet murah?
Ada beberapa opsi waktu mau jalan ke Raja Ampat.

Pertama, Nebeng!
saran dari temen, ke Waisai (ibu kota Raja Ampat) aja dulu, trus pagi2 nunggu di pelabuhan cari tebengan kapal buat ngetrip. nanti tinggal sharing cost, atau bisa juga gratis kalo kamu ikut kapal nelayan.  karna waktu yang terbatas dan kemungkinan dapatnya kecil, akhirnya opsi ini dibatalkan. Kecuali buat kamu yang available waktunya cukup banyak ini bisa jadi pilihan.

Kedua, Cari open trip
Banyak banget jasa tour yang memfasilitasi ke Raja Ampat, dengan berbagai tujuan pulau dan juga berbagai harga. setelah searching via om google dan instagram, akhirnya menemukan jasa tour yang paling murah menurutku saat itu. yaitu sebesar 2,5 juta untuk trip selama 3 hari 2 malam. Tapiiiiiiiiiiiii... menurut temanku, trip ke Raja Ampat selama 3 hari 2 malam itu nanggung banget. karna waktu efektif jalan-jalannya cuma 1 hari. sedang kan Raja Ampat punya banyak destinasi yang bagus untuk dikunjungi. Jadi sayang kan kalo udah nyampe sana dapatnya cuma setengah-setengah.
Beruntung pada saat itu ketemu orang Sorong yang memiliki kenalan pemilik resort di Pulau Mansuar dan beliau sering bikin open trip dengan harga yang miringmurah.

Harga open tripnya memang jauh lebih murah dibandingkan open trip lainnya yang menurut saya sudah paling murah. yaitu 2,1 juta untuk trip 4 hari 3 malam (all in) penginapan di Pulau Mansuar (Tujuan wisata: Arborek, Pianemo, Kabui, Batu Pensil, Friwenwall, Yenbuba, Pasir Timbul, dan Mansuar). Tapiiiiiii..... duh banyak banget dah tapinya.... tapi yang harga 2,1 juta itu full booked (2 grup), =(( ada grup ke 3 dengan harga 2,3 juta dan menginapnya di Pulau Arborek (kebetulan tinggal satu seat). Katanya Pulau Arborek itu pulaunya bagus, dan nggak akan menyesal menginap disana. Akhirnya saya mengambil paket yang menginap di Arborek.*aku baru booking H-2 keberangkatan :p

untuk trip ini, meeting point-nya di Bandara DEO dan nanti berkumpul di Pelabuhan Rakyat Sorong untuk nyebrang ke Waisai. Karena saya dari 1 minggu sebelumnya sudah di Sorong, jadinya ketemuan di Pelabuhannya langsung. Pulangnya, temen-temen akan diantar ke penginapan masing-masing.

*Informasi awal, pada saat ngetrip kami akan barengan dengan grup 1 dan 2, ternyata kami ngetripnya terpisah dan tidak sesuai dengan rundown kegiatan. agak kecewa sih sebenernya. apalagi ketika di penginapan dikabarin kalau alat snorkelingnya harus sewa lagi. Harga sewa alat snorkling + kaki katak150ribu/hari

Ini beberapa foto saat di Raja Ampat, enjoy the picture ya readers... :-*

Kapal Marina Express yang digunakan dari Sorong ke Waisai. butuh waktu 2 jam untuk menyebrang


Pianemo



Snorkling di Arborek Island,  *dari Waisai ke Arborek menempuh waktu 2 jam lebih 
Arborek menjadi salah satu spot snorkling favorit di Raja Ampat. Terumbu karang berbagai macam, ikan yang beragam, dan katanya Arborek jadi tempat lewatnya ikan Manta. sayang saya tidak mendapatkan kesempatan melihat manda. Oya, dari penginapan saat senja saya pernah melihat paus lewat. Arborek juga menjadi spot diving yang menarik. Pada saat snorkling disana, sedang ada pendokumentasian terumbu karang dan ikan oleh mas-mas bule.. disini juga bisa liat Schooling Fish.









Sunset di Arborek


Penginapan di Arborek



Snorkling di Mansuar




Batu Pensil (Kabui)




Pulau Gam
Di Pulau Gam kamu bisa liat burung Cendrawasih. Harga tiketnya 150ribu. kamu akan diantar oleh penduduk lokal untuk melihat burung Cendrawasih setelah berjalan kaki 1,5 jam.






Pasir Timbul



Snorkling di Pulau Gam




Free Diving



Kalo mau liat video waktu free diving, bisa liat disini *maap rada narsis dikit :p

catatan:
1. Saya cukup senang dengan perjalanan ini. namun disayangkan tidak bisa mengunjungi spot2 yang ada dalam rundown kegiatan, seperti : Friwen wall, yenbuba, Puncak Mansuar, dan Pulau Bintang, dikarenakan grup yang saya ikuti adalah grup tambahan dikarenakan banyaknya permintaan.
2. Arborek pulau yang bersih dari sampah, namun airnya asin. Saya lebih merekomendasikan menginap di Mansuar, karna airnya air tawar.
3.  Jangan lupa bawa banyak makanan dari Sorong, karena harga cemilan cukup mahal di Raja Ampat. aktivitas snorkeling dan free diving akan membuatmu lelah dan merasa cepat lapar. Jadi cemilan akan membantu untuk mengisi energi.
4. Jangan lupakan sunblok. Panas banget bok disana, apalagi di Pasir Timbul..

Sekian dulu yaa,....

Terimakasih atas kunjungannya.. (∩.∩)

Komentar

  1. Kya Sahi Jagah Batai Hai Mein Ek Din Jarur Ghoomne Jaunga Yaha Aap Bhi Yeh Dekh Skte Hai Agar Aap Yaha Jana Chahte Ho Toh Achhi Post Likhte Ho Aap Muje Bahut Jyada Pasand Aayi Hai
    Aap Meri Es Post Ko Bhi Padh Ste Hai : Click Here

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer